Mari Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan


Menyambut datangnya bulan suci ramadhan merupakan suatu tamu istimewa yang ditunggu – tunggu setiap umat muslim. Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia dibandingkan bulan – bulan yang lainnya. Dengan menyambut datanya bulan suci ramadhan ini, setiap umat muslim saling mengabarkan berita gembira dan saling mengucapkan selamat satu sama lainnya tentang datangnya bulan suci ramadhan.

Setiap umat muslim menyambut bulan suci ramadhan penuh bahagia, semuanya ingin mendapatkan kebaikan dan keberkahan pada bulan suci ramadhan ini. Setiap umat muslim diwajibakn untuk berpuasa penuh pada bulan suci ramadhan sebagaimana yang terkandung dalam surah al-baqarah ayat 183 yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

Sebagaimana waktu di zaman Rasulullah SAW, ketika beliau hendak berkhutbah dan menginjak anak tangga yang pertama,
Beliau mengucapkan “Aamiin.”
Begitu juga ketika menginjak anak tangga yang kedua dan ketiga , Beliau mengucapkan “Aamiin.”

Sesudah shalat para sahabat pun mempertanyakan tentang ucapan rasulullah SAW yang tadi hendak menaiki mimbar.

 “Ya Rasulullah, mengapa engkau mengucapkan ‘Aamiin’?”
Lalu Rasulullah  SAW, menjawab;
“Malaikat Jibril datang dan berkata, ‘Kecewa dan merugi seseorang yang bila namamu disebut dan dia tidak mengucapkan shalawat atasmu, lalu aku mengucap Aamiin.”
Kemudian malaikat berkata lagi;
“Kecewa dan merugi orang yang berkesempatan hidup bersama kedua orang-tuanya, tetapi dia tidak sampai bisa masuk surga, lalu aku berkata Aamiin.”
Kemudian katanya lagi;
“Kecewa dan merugi orang yang berkesempatan hidup pada bulan Ramadhan, tetapi tidak sampai terampuni dosa-dosanya, lalu aku mengucapkan Aamiin.”
Hadits diatas diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

Karenanya, saat menyambut datangnya bulan suci ramadhan para sahabat tidak beda jauh seperti calon pengantin
yang merindukan hari pernikahannya. Begitulah gembiranya para sahabat menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

Menjadi suatu tradisi di masa Rasululah SAW, pada saat akhir bulan sya’ban para sahabat berkumpul di masjid untuk saling meminta maaf dan mendengarkan khutbah Rasullah SAW tentang menyambut datangya bulan suci ramadhan.

Berikut cuplikan Khutbah Rasulullah SAW, Menyambut datangya Bulan Ramadhan
“Wahai ummatku, akan datang kepadamu bulan yang mulia, bulan penuh berkah, yang pada malam itu ada malam yang lebih mulia dari 1000 bulan.

Dari cuplikan khutbah Rasulullah SAW menggambarkan bahwa telah datang bulan yang penuh berkah, penuh mulia, yang dimana bulan ini tuhan memberikan perintah untuk bekewajiban berpusa yang dilakukan pada siang hari dan melanjutkan shalat tarawih pada malam harinya.

Keutamaan bulan suci ramadhan
Seperti yang kita ketahui, bulan suci ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan penuh mulia jika dibandingkan dengan bulan yang lainnya. Maka dengan menyambut bulan suci ramadhan ini niscaya kita memperolah keberkahans serta kemulian dari Allah SWT.

Ada beberapa keutamaan bulan suci ramadhan yang harus kita ketahui, supaya kita tau betapa besarnya nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita semua. Diantaranya ialah :
Allah SWT membuka pintu-pintu surga, menutup pintu-pintu neraka dan membelenggu setan-setan.
Sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW yang Artinya :
“Ketika datang bulan suci Ramadan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu,” (HR. Bukhari-Muslim)

Ada juga keutamaan bulan suci ramadhan lainnya
Allah menetapkan Lailatul Qadar pada bulan tersebut, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan, Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?  Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar,” (QS. Al-Qadar : 1-5).

Itulah mengapa kita harus menyambut datangya bulan suci ramadhan,karena dalam bulan suci ramadhan begitu banyak keberkahan serta kemuliaan Allah SWT yang diberikan kepada setiap hambanya yang beriman.
Marhaban ya Ramadhan

1 Response to "Mari Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan"

sharinginfo23 said...

alhamdulillah masih dikasih umur buat puasa di 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan tengah artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel